Cara mudah agar cepat bisa mengendarai motor bebek

Motor bebek adalah salah satu jenis motor yang banyak digunakan sebagai alat transportasi. Menggunakan motor bebek lebih praktis dan simple dalam pengoperasiannya meskipun masih lebih rumit jika di bandingkan dengan motor matic.

Motor Bebek adalah istilah yang di gunakan untuk menyebut motor dengan tulang rangka penghubung berapa di bawah atau lebih familiar dengan sebutan underbond.

Belajar naik motor matic mungkin lebih mudah jika di bandingkan dengan belajar mengendarai motor bebek, karena mengendarai motor bebek harus mengontrol / mengendalikan tuas gas dan juga mengoper gigi (perseneling)

Cara cepat bisa mengendarai motor Bebek bisa dimulai dari mengenali komponen utama pada motor Bebek agar kita bisa dengan mudah mengoperasikannya.

1. Komponen utama Motor Bebek yang perlu di ketahui

#Tuas Pengendali

Motor bebek memiliki tuas gas yang ada di bagian kanan setir. Kemudian ada tuas rem untuk roda depan di bagian kanan setir juga.

Sedangkan pada bagian kiri setang, tidak ada tuas yang perlu di kendalikan. Berbeda jika dibandingkan dengan motor kopling manual, dimana setang bagian kiri terdapat tuas kopling atau motor matic dimana tuas sebelah kirinya terdapat tuas rem belakang.

Kemudian pada bagian footstep kaki sebelah kanan, ada tuas rem belakang dan tuas perseneling di footstep kaki kiri.

#Mesin Motor Bebek

Mesin motor bebek biasanya terdiri dari dua type mesin yaitu mesin 2-Tak dan mesin 4-Tak, meskipun motor keluaran terbaru saat ini umumnya menggunakan mesin 4-Tak, mungkin saja anda kebetulan belajar dengan menggunakan motor 2-Tak.

#Transmisi Motor Bebek

Menakinsme transmisi motor bebek di bagi menjadi dua jenis yaitu type Sequencial dan type Rotary. Perbedaan keduanya adalah pada pengoperan transmisi dimana sistem rotary dapat terus berputar sedangkan sistem sequencial akan terhenti di posisi gigi tertinggi atau netral.

Transmisi type rotary, bila tuas transmisi bagian depan diinjak maka akan masuk ke gigi satu, diinjak lagi maka akan naik gigi dua, diinjak lagi maka akan masuk gigi tiga, lalu diinjak lagi maka akan naik ke gigi empat, terus diinjak lagi maka transmisi akan kembali ke posisi netral.

Beda dengan transmisi type sequencial, setelah transmisi masuk di posisi gear tertinggi misalnya gigi empat. Maka ketika tuas transmisi bagian depan diinjak, posisi gigi transmisi tidak berubah, tetap di empat.
Cara mudah agar cepat bisa mengendarai motor bebek


2. Cara mudah agar cepat bisa mengendarai motor Bebek

Setelah mengetahui komponen pengendali motor bebek, maka selanjutnya kita bisa mulai belajar mengendarai motor bebek.

Mengendarai motor bebek dimulai dengan menyalakan mesin motor, mesin mesin motor bisa menggunakan starter electrik dengan menekan tombol starter atau menggunakan starter kaki. Starter kaki motor bebek umumnya tidak terlalu berat, jadi anda tidak perlu khawatir kesulitan menghidupkan mesin motor bebek.

#Mulai Berjalan

Nyalakan motor dan biarkan mesin berputar langsam beberapa saat. Beberapa type sepeda motor, mesinnya akan berputar agak tinggi saat pertama kali dihidupkan di pagi hari, hingga suhu kerja idealnya tercapai. Jadi tunggu sejenak hingga putaran mesin normal.

Ketahuilah bahwasanya, tarikan mesin motor bebek bisa mengejutkan dan mungkin dapat membuat anda terjatuh jika tidak menguasainya dengan benar. Untuk iti, karena ini baru pertama kali anda mengendarai motor bebek maka sebaiknya mulai dari gigi dua terlebih dahulu. Ini lebih aman daripada anda mulai jalan menggunakan gigi satu yang hentakannya lumayan terasa.

Dalam tahap belajar, mulai jalan dengan gigi dua, bisa dimaklumi. Tapi jika anda sudah mulai mahir, sebaiknya mulai mencoba star jalan di gigi satu. Karena strat jalan pakai gigi dua, tidak baik buat mesin.

Injak dua kali tuas perseneling bagian depan dengan jeda sekitar 2 detik. Lalu putar gas perlahan hingga motor mulai jalan pelan. Jika anda sudah mencapai kecepatan yang pas, pertahankan posisi gas, jangan di tambah atau di kurangi. Pelan-pelan saja, Tetap posisikan kaki kanan di atas tuas rem agar anda siap mengerem sewaktu-waktu.

#Belajar Oper Gigi

Jika dirasa mulai lancar untuk take-off, selanjutnya mulai belajar perpindahan gigi.

Saat berjalan di kecepatan konstan, turunkan putaran tuas gas dan injak perseneling bagian depan untuk masuk ke gigi tiga, setelah masuk gigi tiga, putar lagi tuas gas perlahan hingga motor mulai berakselerasi lagi.

Pada tahap ini mungkin anda akan mengalami kondisi di mana mesin menderu keras dan motor agak berat berjalan. Ini biasa, hal ini dikarenakan perpindahan gigi yang anda lakukan, kurang tepat dan agak lambat.

Kecepatan motor untuk masuk gigi tiga harus memadai dan reflek anda ketika menurunkan gas-mengoper gigi dan menarik gas kembali masik kurang sigap. Tapi tenang saja, seiring semakin seringnya anda latihan maka anda akan terbiasa dan mulai bisa mengoper gigi dengan tepat dan benar.

Anda bisa coba masuk gigi empat jika sudah mulai terbiasa dan merasa nyaman mengendarai motor bebek.

#Belajar Turunkan Gigi Perseneling

Saat berkendara, ada kondisi dimana anda harus menurunkan posisi gigi misalnya saat akan belok atau berhenti di lampu merah.

Ketika akan belok, anda tidak bisa memaksakan mesin tetap berjalan di gigi empat, karena torsi gigi empat tidak akan mampu membawa moptor bergerak jalan dalam waktu singkat. Mungkin anda malah bisa terjatuh kalau posisi jalan agak menanjak.

Maka sebelum belok, anda harus menurunkan posisi gear ke rasio yang tepat. Misalnta ketika anda melaju dengan posisi gig empat dan akan membelok maka persiapkan motor dan kaki anda untuk menurunkan gear perseneling. Anda bisa menurunkan gear sebelum masuk tikungan atau saat berada di tikungan.

Jika reflek anda dalam menguperasikan tuas perseneling sudah cukup baik,, maka anda bisa memindahkan gigi saat menjelang masuk tikungan atau ketika berada di tikungan. Tapi jika reflek anda masih kurang sempurna, sebaiknya lakukan penurunan gear agak jauh dari tikungan. Tapi ingat dan perhatikan kondisi sekitar. Jangan sampai, 'kesibukan' anda memindahkan gigi perseneling, mengganggu pengendara di belakang anda.

Oleh karena itu, penting untuk melatih kemampuan mengendarai sepeda motor bebek di lokasi yang tidak terlalu ramai dan bebas gangguan. Bebas gangguan misalnya jika anda berlatih di lapangan, kadang suka ada hewan ternak yang berkeliaran mencari makan juga disitu, kan bisa bahaya kalau tiba-tiba usil nyelonong menghalangi jalan.

#Belajar berhenti

Kalau sudah bisa jalan, harus juga bisa berhenti. Sebenarnya untuk berhenti mudah saja. Tapi bagaimana cara berhanti yang baik dan benar, itulah yang perlu di pelajari.

Proses berhenti pada motor bebek harus dimulai dengan prosedur menurunkan posisi gigi perseneling terlebih dahulu.

Sebelum menurunkan gigi, pastikan laju motor sudah berkurang dengan bantuan rem. Karena jika motor masih melaju kencang dan tiba-tiba anda menurunkan gigi ke posisi rendah maka efek engine brake akan terlalu besar yang mungkin bisa membuat anda tersentak dan bahkan terjatuh.

Jadi pelankan laju motor terlebih dahulu sebelum menurunkan gigi hingga kecepatannya rendah, jadi hentakan engine-brake pada mesin tidak terlalu terasa.

Turunkan gigi hingga posisi netral dan matikan mesin jika anda berencana untuk parkir. Tapi jika anda sedang berhenti dilampu merah, maka turunkan posisi gigi perseneling ke posisi gigi satu agar anda tidak panik nanti ketika lampu berubah hijau dan kendaraan di belakang sudah bunyikan klakson, gak sabar untuk jalan.


3. Hal yang perlu diperhatikan agar cepat bisa mengendarai motor bebek

#Perhatikan motor yang digunakan


Pastikan motor yang anda gunakan untuk belajar adalah motor bebek yang tidak pakai tuas kopling manual. Karena ada beberapa motor bebek yang pakai sistem kopling manual dan sistem kopling semi otomatis (semi manual).

Meskipun sekarang Jarang ada varian motor bebek yang pakai kopling manual tapi jika anda belajar pakai motor Jupiter MX atau Supra GTR 150, mungkin anda akan menemukan tuas kopling di bagian stir sebelah kiri. Mengingat keduanya masih masuk di kelas bebek.

Kalau motor keluaran lama, anda bisa menemukan kopling manual di motor Fiz-R, Supra xx dan Axelo dll.

#Tempat latihan

Tempat berlatih mengendarai motor bebek harus di perhatikan, usahakan jauh dari lalu lintas ramai dan juga hewan liar jika anda berencana belajar mengendarai motor bebek di tanah lapang.

Mungkin anda merasa jalanan sekitar kompleks perumahan anda tidak terlalu ramai, tapi mungkin jalanan kompleks memiliki speed trap atau polisi tidur yang akan mempengaruhi kenyamanan anda belajar mengendarai sepeda motor.

#Perangkat Keamanan

Perangkat keamanan seperti helm, jaket, sepatu dan celana panjang wajib di gunakan untuk meminimalisir cedera jika terjatuh saat latihan mengendarai motor bebek. Gunakan jaket berbahan tebal seperti jaket kulit atau jeans, begitupun dengan celana.

#Pendamping

Jangan belajar mengendarai motor bebek sendirian, usahakan ajak pendamping yang akan memandu anda belajar motor bebek. Cari kawan dekat yang bisa mnuntun anda dan memberi intruksi apa yang harus anda lakukan selama belajar mengendarai motor bebek.


Itulah informasi mengenai cara mudah agar cepat bisa mengendarai motor bebek, Semoga bisa bermanfaat.