Cara simple dan efektif cepat bisa tidur nyenyak

Setelah melewati segudang aktifitas sepanjang hari, saatnya untuk istirahat dengan tidur. Urusan tidur terkadang menjadi sulit dilakukan meskipun badan cukup lelah dan mata sudah sangat mengantuk.

Istirahat dengan tidur adalah salah satu kebutuhan dasar yang harus dipenuhi untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bekerja dengan baik.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan sesorang kesulitan untuk tidur nyenyak di malam hari, entah karena stress atau tubuh sedang dalam kondisi kurang fit.

Ketika beban pikiran terlalu berat dan tubuh terlalu lelah malah menghambat proses untuk mencapai kondisi tidur nyenyak.

CARA Simple dan Efektif Cepat Bisa Tidur Nyenyak

1. Tentukan posisi tidur yang baik

Sebagian orang memiliki posisi tidur favorit. Ada yang nyaman tidur diatas kasur dengan posisi telentang, ada yang suka miring, atau nungging. Sejenak, abaikan beberapa tips posisi tidur terbaik yang disarankan oleh orang lain.

Percayalah bahwa anda adalah pribadi unik dan memiliki karakterisitik yang berbeda dibanding orang lain, dan semua orang juga begitu. Jadi, temukan dan tentukan posisi tidur terbaik anda. Lakukan riset kecil-kecilan kalau memang diperlukan untuk menemukan posisi tidaur terbaik. Tapi gak perlu sampai membentuk tim khusus untuk melakukannya.


2. Putar musik yang tepat

Salah satu anjuran untuk mudah tertidur nyenyak adalah dengan memutar musik tertentu sebagai pengantar tidur. Umumnya musik yang di anjurkan adalah jenis musik slow, atau semacam orchestra.

Permasalahannya, selera musik setiap orang berbeda-beda, ketika anda mengikuti anjuran untuk memutar musik tertentu, mungkin anda malah tidak bisa tidur karena musik yang diputar malah menciptakan suasana horor dalam kamar tidur. Bukannya tertidur tapii malah merinding.

Abaikan saja anjuran untuk memutar jenis musik tertentu sebagai pengantar tidur. Mainkan musik favorit anda di handphone atau mp3 player.

Kalau memang musik tidak bisa jadi pengantar tidur, anda bisa mencoba memutar siaran balap motor/mobil, kadang suara dengungan motor/mobil balap bisa jadi pengantar tidur yang baik. Atau kalau tidak suka dengan suara motor/mobil balap yang berisik, anda bisa mencoba memutar siaran pertandingan bola. Suara riuh rendah penonton di stadion dan suara komentator yang tiada henti, kadang bisa menjadi pengatntar tidur yang paripurna.


3. aromatherapy

Lilin aromatheraphy banyak di jual dengan berbagai pilihan aroma. Kalau kesulitan mendapatkan lilin aromatherapy, sekarang banyak anti nyamuk bakar yang memilikii fitur yang sekaligus memberi bau theaphy ketika di bakar.

Mungkin saja anda kesulitan tidur karena banyak nyamuk, jadi cara ini bisa sangat membantu anda untuk menenangkan pikiran sehingga cepat bisa tertidur nyenyak.


4. Sesuaikan pencahayaan

Lampu memiliki pengaruh yang sangat besar dalam usaha untuk bisa tidur dimalam hari. Sebagian orang mungkin bisa tidur dalam kondisi gelap gulita, sebagian lagi lebih suka ternag benderang dan sebagian lagi ada yang lebih nyaman dengan lapu tidur yang redup.

Lakukan eksperimen dengan lampu kamar anda, apakah anda nyaman tidur dengan lampu menyala terang atau dengan lampu remang atau malah dengan mamatikan lampu.

Warna lampu mungkin juga mempengaruhi mood tidur anda. Jadi ber-eksperimenlah dengan lampu dikamar anda.


5. Pilih Tempat tidur yang Tepat

Kasur yang digunakan sebagai tempat tidur dapat mempengaruhi untuk cepat bisa tidur nyenyak. Mungkin anda perlu memiliki kasur empuk dengan bahan yang halus lembut seperti iklan di televisi.

Tapi mungkin anda malah tidak bisa tidur dengan kasur tersebut karena waktu belinya harus kredit dan kepikiran untuk membayar cicilannya tiap bulan.

Pilihan tempat tidur yang tepat harus memberikan kenyamanan lahir bathin ketika anda gunakan untuk beristirahat melepas penat setelah seharian beraktifitas.


6. Tenangkan pikiran

Kadang urusan kantor terbawa-bawa sampai kerumah yang membuat kepikiran terus hingga sulit tidur. Tinggalkan semua beban di kantor tetap berada di kantor. Anda di rumah sebagai individu bebas yang berhak mendapat ttidur berkualitas.

Biarkan besok tetap menjadi misteri, tidak perlu dipikirkan hari ini. Dan biarkan yang sudah berlalu, pergi. Jadikan sebagai pelajaran hidup yang berharga terlepas itu pengalaman indah atau non-indah.


7. Lakukan Olahraga ringan

Gerakan badan untuk melemaskan otot sambil meregangkan badan agar semua bagian tubuh merasa rileks, nyaman, tenang. Tapi jangan sampai berlebihan karena bukannya malah merasa nyaman, badan malah terasa sakit semua karena kecapekan.

Gerakan ringan saja seperti strecthing (mulet) sampai semua anggota tubuh berada pada kondisi yang benar-benar siap untuk beristirahat.


8. Makan

Kadangkala perut kosong bisa mengganggu konsentrasi untuk tidur. Sudah pakai segala macam posisi tidur tapi mata tidak juga terpejam/ Setelah diingat-ingat ternyata perut lagi kosong karena dari pagi belum makan.


9. Kapan terakhir tidur

Ingat kembali kapan terakhir anda tidur nyenyak. Kalau anda baru bangun sejam yang lalu, mungkin anda akan sulit untuk tidur lagi. Kadang kita tidak sadar telah tertidur sebelumnya karena terlalu capek dengan aktifitas seharian. Mungkin ketika perjalanan pulang dari kantor kita tertidur di mobil, atau saat menunggu jemputan kita sempat tertidur di loby kantor.

Meskipun hanya 5-10 menit, tidur tanpa sengaja tersebut ternyata sangat berkualitas dan membuat badan kita terasa bugar kembali. Dan sesampainya dirumah kita malah jadi kesulitan untuk tidur yang sebenanrnya karena sudah tidur sebelumnya.


10. Berdoa

Hal yang paling penting untuk bisa tidur nyenyak adalah berdoa sesuai keyakinan masing-masing. Berdoa kepada Tuhan dapat memberi ketenangan tersendiri dan bisa menjadi metode hypnosis yang membuat badan merasa nyaman dan aman karena tau ada Tuhan yang selalu bersama kita.

Cara simple dan efektif cepat bisa tidur nyenyak

Banyak anjuran yang bisa diterapkan untuk cepat bisa tidur nyenyak. Namun semua kembali lagi ke pribadi masing-masing mana yang cock untuk di terapkan.

Kalau mau tidur saja terlalu banyak SOP (standart operasional prosedur) yang harus begini-begitu,  posisi kaki kiri harus begini, kaki kanan harus kesana, lampu harus pakai yang sekian watt dan temperatur sekian, dentuman musik harus sekian dB, jarak tempat tidur dari dinding harus sekian centi, wah ribet, kapan tidurnya.??

Jadi, ciptakan suasana yang nyaman dalam ruang tidur anda untuk membuat anda cepat bisa tidur nyenyak. Karena setiap orang berbeda dan unik. Baca juga informasi tentang cara kaya hanya dengan tiduran?. Semoga bermanfaat.