Tips untuk cepat bisa belajar masak

Memasak adalah salah satu aktifitas rutin yang menjadi kesibukan berulang setiap harinya. Pada perkembangannya, memasak tidak hanya di dominasi oleh kaum perempuan saja melainkan kaum lelaki pun tak ketinggalan dalam hal menguasai teknik memasak.

Banyak program TV yang menanyangkan program memasak dengan Host pria sebagai koki-nya. Memasak adalah aktifitas universal yang bisa dilakukan oleh siapapun baik pria maupun wanita.

Bagi anda yang ingin memiliki keahlian memasak anda bisa belajar memasak secara otodidak atau pun mengikuti kursus di balai pelatihan yang terkadang bisa diikuti secara gratis.

Bagi anda yang ingin belajar memasak secara otodidak, anda tidak perlu khawatir untuk mencobanya dengan memulai memasak menu sederhana dengan tidak membutuhkan banyak bahan dan peralatan masak.

Cari menu masakan yang mudah pengolahannya dan bahan yang umum serta mudah di temukan di sekitar tempat tinggal. Jangan dulu masak yang ribet dan membutuhkan bahan-bahan yang asing seperti nori, konbu, wakame atau semacamnya.

Akan lebih mudah lagi jika anda berkinjung ke pasar tradisional karena disana biaasnya ada bahan masakan yang di jual per-paket. Misalnya bahan masakan sup ayam yang sudah dijual dalam bungkusan plastik berisi sayuran, kepala ayam/ceker, daun sup, dll.

Ada juga bumbu jadi, yang siap untuk diproses menjadi masakan seperti rawon, kare, opor dll. Bumbu-jadi ini terdapat dua pilihan yaitu bumbu produksi rumahan atau buatan pabrik yang sudah dikemas dalam kemasan sachet. Jadi anda tinggal mencari bahan pelengkap lainnya tanpa harus mengolah bumbu.

Tips untuk cepat bisa belajar masak

Dalam proses memasak, penggunaan peralatan masak yang tepat sangat penting agar proses memasak bisa berlangsung tanpa hambatan.

Pemilihan peralatan masak sederhana harus dipahami seperti ketika akan memasak makana berkuah seperti sup maka gunakanlah panci. Meskipun pakai wajan pun tetap bisa memasak sup tapi tidak praktis dan bisa membuat boros konsumsi bahan bakar.

Begitu pula ketika akan memasak kue yang di kukus, di goreng atau di panggang, pastikan untuk selalu menggunakan peralatan masak yang sesuai.

Proses belajar memasak terkadang menghadapi kendala seperti masakan terlalu asin atau terlalu kecut. Oleh karena itu anda perlu juga mengetahui informasi tentang tips-tips mengatasi masakan yang kelebihan salah satu bumbu.

Misalkan ketika kuah sup yang dibuat terlalu asin, maka bisa diantisipasi dengan menambahkan gula agar rasa asin bisa berkurang. Atau dengan menambahkan air hingga rasa masakan menjadi ideal (tidak terlalu asin).

Tips terakhir agar cepat bisa belajar memasak adalah, terus latihan dan mencoba menu baru. Semua pembelajaran perlu latihan yang rutin, sering-sering memasak satu menu hingga menemukan kombinasi bumbu yang pas dan dapat mengenali karakteristik setiap bahan masakan selama proses memasak.

Jangan takut gagal, minimalisisr kegagalan dengan memasak dalam porsi kecil setidaknya cukup untuk satu atau dua orang saja. Jangan langsung memasak dalam jumlah banyak, tapi sedikit-sedikit saja. Jadi kalau terpaksa harus membuang masakan yang gagal, tidak terlalu merasa rugi. Semoga bermanfaat.