Tips Agar Anak Batita Cepat Bisa Jalan

Orang tua mana yang tidak ingin anak batitanya tumbuh dengan cepat dan mengalami perkembangan yang baik. Ketika anda baru lahir dan mulai berkembang terdapat fase perkembangan yang sangat dinantikan mulai dari mengkurap, duduk dan mulai berjalan.

Anak batita biasanya akan bisa mengkurap atau duduk dengan sendirinya namun untuk bisa berjalan kadang perlu peran orang tua untuk memotifasi, membantu dan menuntun mereka agar cepat bisa berjalan.

Dalam upaya mendorong anak kesayangan agar bisa cpat berjalan, ada hal yang sebaiknya dilakukan dan ada juga yang sebaiknya tidak dilakukan.

#Hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat ingin anak cepat bisa berjalan :

1. Memaksakan kehendak

Sebaiknya jangan memaksakan kehendak pada anak bayi anda untuk belajar berjalan. Anak anda mungkin pada saat tertentu sedang tidak ingin berjalan karena merasa lelah atau mengantuk. Kadangkala kita tetap ingin memaksa mereka belajar berjalan untuk memamerkan kemampuannya didepan keluarga besar saat kumpul di acara arisan keluarga.

Kalau gelagat anak anda lagi pengen diam duduk dipangkuan sambil bermanja-manja, jangan paksakan dia untuk belajar berjalan.


2. Hindari penggunaan Baby Walker

Meletakan anak dalam sebuah baby walker dapat membantu orang tua untuk tetap meltih anaknya belajar berjalan namun tidak khawatir punggung encok karena mentatih anak saat melatihnya berjalan.

Namun penggunaan baby walker dapat memberi dampak buruk pada perkembangan si kecil. Saat sikecil duduk di baby walker, kadang ia malah leyeh-leyeh dan tidak belajar berjalan. Saat berjalan pun kadang hanya mendorongkan kakinya ke lantai seperti kita kalau sedang main kursi beroda di kantor saat istirahat.

Jika memang tetap ingin menggunakan baby walker, sekali-kali saja. Lebih bijak jika anda membiarkan anak anda bermain di lantai dan menjelajahi seluruh ruangan. Mungkin saja pada suatu titik, dia akan menjangkau meja dan mulai belajar sendiri yang akan menjadi titka awal ia belajar berjalan.

Tips Agar Anak Batita Cepat Bisa Jalan


#Tips Agar Anak Batita Cepat bisa Jalan :

1. Beri sesuatu yang menarik

Berikan sesuatu yang menarik di tempat yang agak tinggi sesuai tinggi badannya agar dia tertarik untuk menjangkaunya dan melangkahkan kaki secara perlahan-lahan. Jika ingin batita Anda cepat berjalan, maka sebaiknya Anda selalu memberikan rangsangan agar batita mau belajar berjalan. Anda dapat memberikan rangsangan berupa mainan, makanan kesukaan atau hal lainnya di tempat dimana dia harus berjalan untuk mendapatkan apa yang diinginkannya.

Cara lainnya adalah, Anda dapat duduk atau berdiri beberapa langkah dari batita Anda berada. Cara lainnya adalah dengan memberikan rangsangan berupa benda yang digantung dan dapat Anda menggesernya, cara ini juga akan merangsang batita Anda untuk dapat belajar jalan.


2. Buat Titian di tembok 

Buat titian/pegangan di tembok untuk anak anda jadikan pegangan agar dia bisa berjalan selangkah demi selangkah sambil memagang titian tersebut. Anda bisa memanfaatkan meja yang tingginya sesuai dengan tubuh si kecil, biarkan dia menyisir pinggiran meja dan berikan sesuatu yang menarik di sisi meja lainnya untuk diraihnya dengan berjalan.


3. Mengajaknya jalan-jalan

Agar anak anda cepat bisa jalan, sering-seringlah mengajaknya jalan-jalan ditaman sekitar kompleks atau keliling perumahan atau sekedar bermain di halaman rumah. Semakin sering anda mengajaknya berjalan-jalan maka sensor motoriknya akan semakin terlatih sehingga responnya semakin baik.

Saat berjalan-jalan, rasa ingin tau sikecil akan menuntunnya untuk bergerak melangkah menuju titik yang menarik baginya. katika sikecil tertarik pada sesatu, tuntun dia berjalan untuk mencapainya. Aktifitas ini dapat memningkatkan ikatan emosianal antara anak dengan anda.


3. Menggunakan sepatu yang berbunyi

Bunyi bunyian dapat memancing respon gerak si kecil untuk berjalan. Bunyi-bunyian yang keluardari sepatunya dapat memabuatnya penasaran dan mamncingnya melangkah setapak demi setapak.

Mungkin tidak semua batita suka dengan bunyi-bunyian di sepatunya, sebagian mungkin akan merasa risih atau malah takut saat sepatunya berbunyi ketika di pijak. Yaa anda harus bijaksana ketika terlihat gelagat seperti anak anda tidak menyukai sepatu yang dikenakannya. Jangan memaksakan memakaikannya keppada sikecil karena malah akan membuatnya trauma dan malas untuk belajar berjalan.


4. Ajak dia bergabung dengan Batita seusianya

Ajak sikecil bergabung dengan teman-teman sebayanya. Mungkin dari anak teman kantor atau saudara sepupunya. Mungkin juga mengikutkannya ke semacam playgrup agar dia dapat belajar bersosialisasi sekaligus membantu meningkatkan gerak motoriknya agar cepat bisa berjalan.



5. Mengajaknya berjalan di lapangan rumput

Lapangan rumput sangat bagus meningkatkan respon sikecil agar dia dapat cepat bisa berjalan. Rumput memiliki tekstur yang membuat geli telapak kaki sikecil sehingga bayii anda akan terus melangkah untuk menhindari rasa geli yang dirasakannya akibat menginjak rumput tadi.

Selain rumput, pasir pantai juga sangat baik untuk menjadi tempat berlatih sikecil agar cepat bisa berjalan. Namun godaan air pantai mungkin akan mengganggu konsentrasinya belajar berjalan. Alih-alih belajar berjalan, sikecil malah hanya akan duduk manis bermain air di pinggir pantai.


Semoga dengan tips diatas bisa membantu anda menuntun si kecil agar belajar untuk bisa berjalan. Namun demikian, tidak perlu terlalu memaksakan anak untuk cepat bisa berjalan.

Jangan karena melihat anak tetangga seumurannya yang sudah bisa berjalan, terus kemudian membandingkannya dengan anak anda yang terkesan lambat unutk bisa berjalan.

Setiap anak memiliki kemampuannya masing-masing, tidak masalah jika anak anda baru bisa berjalan agak lambat dari pada teman sebayanya.

Itulah Tips agar anak batita cepat bisa berjalan. Semoga bermanfaat.