Cara mudah mengetahui ukuran sepatu yang tepat

Ukuran sepatu yang tepat sangat penting untuk diketahui khususnya ketika kita akan belanja sepatu di toko online yang tidak memungkinkan kita mencoba sepatu yang ingin dibeli.

Sekarang belanja online memberi banyak keuntungan, selain dari pilihan item yang beragam, juga kemudahannya karena kit atidak harus keluar rumah untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

Tapi kendala muncul saat kita ingin membeli sepatu. Membeli sepatu, harus benar-benar sesuai dengan ukuran kaki kita. Jangan sampai kita membeli sepatu yang ukurannya kebesaran atau kekecilan.

Meskipun terkadang toko online memberi garansi untuk bisa ditukar jika ukurannya tidak sesuai namun ongkos kirimnya tetap ditangung oleh pelanggan (pembeli). Akhirnya kita juga yang rugi. Padahal saat membeli sepatu kita memanfaatkan promo atau diskon yang diadakan oleh toko online tersebut.

Kalau harus menanggung ongkos kirim bolak-balik,, bisa-bisa harga sepatu yang di beli secara online tersebut malah lebih mahak jika kita membeli di toko offline dekat rumah.

Untuk mengantisipasi kesalahan tersebut. kita harus benar-benar mamastikan ukuran sepatu yang pas untuk kaki.

Dalam dunia "persepatuan" terdapat beberapa standart yang digunakan untuk menggolongkan ukuran sepatu berdasarkan nomor.

Standart penomeran sepatu yang sering digunakan adalah standart Prancis, Inggris, Amerika, dan Jepang.

Yang paling gampang untuk menentukan ukuran sepatu adalah dengan menggambarkan telapak kaki anda ke atas kertas lalu mengukur berapa panjang dan lebar kaki anda. Dari sini anda bisa mendapatkan informasi, berapa ukuran sepatu yang tepat buat anda.

Untuk membantu anda menentukan ukuran sepatu yang tepat, berikut ini tabel ukuran sepatu berdasarkan standart uang umum digunakan.

Cara mengukur kaki yang tepat

Untuk mengetahui ukuran sepatu yang tepat, anda memerlukan peralatan berupa kertas, penggaris dan pensil. Sebaiknya anda juga menyediakan kaus kaki untuk mengetahui toleransi ukuran sepatu jika anda menggunakannya menggunakan kaus kaki.

Letakan kertas diatas lantai dan injak kertas tersebut. Kemudian gambar telapak kaki menggunakan pensil, spidol atau pulpen. Mungkin anda perlu menggambar kedua telapak kaki (Kanan dan Kiri) karena biasanya ukurannya tidak sama, Meskipun perbedaannya tidak terlalu signifikan tapi bisa dijadikan pertimbangan untuk menentukan ukuran sepatu.

Setelah itu ukur panjang talapak kaki dari tumit hingga jari terpanjang. Dari sini anda bisa memperkirakan ukuran sepatu yang pas untuk di gunakan.

Cara mudah mengetahui ukuran sepatu yang tepat


Waktu yang tepat untuk mengukur kaki

Ada waktu terbaik untuk mengukur kaki guna mengetahui ukuran sepatu yang akan digunakan. Waktu yang tepat menurut para ahli adalah pada sore hari. Karena saat sore hari, kita sudah beraktifitas penuh seharian sehingga telapak kaki menjadi lebih besaar karena telah menopang tubuh seharian.


Jenis sepatu yang akan di beli

Jenis sepatu yang akan di beli juga mempengaruhi penentuan ukuran sepatu yang akan di gunakan. Seperti sepatu untuk olahraga, harus di pilih yang benar-benar pas agar kaki tidak memiliki celah bebas dengan interior sepatu. Kalau beli sepatu lari yang kelonggaran maka akan mempengaruhi performa saat lari. Bisa-bisa sepatu malah terlepas dan lari sendiri karena terlalu longgar.

Kalau sepatu untuk sekolah, agak longgar sedikit tak mengapa biar bisa dipakai lebih lama. Apalagi bagi yang dalam masa pertumbuhan, :).


Meskipun anda sudah mengetahui ukuran kaki dan bisa menentukan ukuran sepatu yang akan digunakan, sebaiknya tetap konsultasikan kepada admin pemilik Olshop untuk memastikan ukuran sepatu yang pas untuk anda. Karena berbeda merk sepatu kadang memiliki perbedaan ukuran meskipun jenis sepatunya sama. Apalagi kalau jenis sepatunya berbeda, misalnya ukuran sepatu sneaker akan berbeda dengan ukuran sepatu jenis flat shoes meskipun dari merk yang sama.

Itulah informasi tentang cara menentukan ukuran sepatu yang tepat. Jadi kalau anda ingin titip beli sepatu saat ada teman yang ke luar negeri atau ingin membeli sepatu online maka kamu bisa memastikan ukuran sepatu yang pas agar nanti tidak salah beli.