Tips untuk cepat bisa mengoperasikan Komputer

Komputer, merupakan salah satu alat canggih yang bisa "apa saja". Anda bisa menggunakannya sebagai media hiburan, bermain game, mendengar music menonton film hingga bekerja untuk menghasilkan uang.

Pengetahuan mengoperasikan komputer menjadi salah satu keterampilan yang perlu di kuasai untuk menunjang aktifitas sehari-hari bagi mereka yang sedang menjalani studi, bekerja di kantor atau pekerja yang berhubungan dengan pengolahan dokumen.

Karena penggunaan komputer yang sangat luas maka tak sedikit yang ingin mempelajari dan ingin cepat bisa mengoperasikan komputer.

Entah karena syarat untuk mengajukan lamaran ke salah satu posisi di perusahaan atau karena ingin sekedar bisa mengoperasikan agar tidak tampak gaptek.

Tips Untuk cepat bisa mengoperasikan komputer

1. Maksud dan Tujuan

Mempelajari sesuatu harus memimiliki target yang ingin diraih agar proses belajar tetap fokus pada jalur yang benar.

Anda tentu memiliki tujuan mengapa ingin belajar mengoperasikan komputer. Apakah ingin mahir mengolah dokumen agar tidak kesulitan saat mendapat tugas makalah atau membuat laporan bulanan. Atau untuk memenuhi syarat yang di tentukan oleh perusahaan penyedia lapangan pekerjaan. Atau ingin menjadi Youtuber yang sekarang ini sedang tren. Atau mungkin ingin jadi Blogger yang aktifitasnya membuat konten dalam bentuk tulisan/artikel.

Ini penting untuk di perhatikan karena sebuah komputer bisa berisi program apa saja, sesuai dengan minat bakat dan atau pekerjaan pemiliknya. Mungkin di satu komputer, anda akan menemukan bermacam program / software yang mampu mengolah grafis ataupun video. Atau anda akan menemukan komputer yang hanya berisi beberapa program saja seperti Ms.Office, winamp dan Chrome.

Jadi, tentukan yang ingin anda pelajari agar anda fokus dengan target tujuan anda.

2. Mengenali Komponen Dasar Komputer

Komputer dasar komputer terbagi dalam dua bagian utama yaitu Software dan Hardware. Khusus untuk hardware komputer secara umum dan yang perlu di ketahui bagi orang awam adalah mouse, keyboard, CPU, monitor. Dan perlu juga anda sedikit mengetahui tentang memory (RAM), mainboard, VGA, CD Room dan Harddisk.

Kemudian ada software yangtermasuk kedalamnya adalah sistem operasi seperti Windows, Linux, Mac. Lalu dalam sistem operasi tersebut terinstal berbagai program / aplikasi komputer untuk memaksimalkan kinerjanya.

Sotfware-software tersebut antara lain Ms. Office, Winamp, Chrome, Corel, Photoshop, dan lain sebagainya. Dan bisa juga masuk kedalamnya berbagai macam game khusus PC seperti DOTA, PES, dll. Game-game untuk komputer bisa dimainkan secara offline maupun online.


3. Gali Informasi dari berbagai Sumber

Anda perlu mencari referansi sebanyak mungkin yang berkaitan dengan komputer dan keterampilan yang ingin anda kuasai. Banyak sumber informasi yang bisa digali baik dari media online maupun offline. Apalagi sekarang banyak juga forum-forum yang bisa diikuti untuk bertanya hal-hal dasar tentang apa saja.

Perlahan-lahan anda akan menemukan dan menyusun serpihan puzel tentang pengetahuan dsar yang berkaitan dengan komputer hingga anda mendapatkan cukup pengetahuan dan cepat bisa menguasai komputer. Tidak hanay sekedar bisa mengoperasikan tapi menguasainya sesuai bidang yang anda minati.


4. Beli Seperangkat Komputer

Agar anda semakin cepat bisa mengoperasikan komputer, sebaiknya anda memiliki komputer sendiri. Dengan memiliki komputer sendiri, anda bisa belajar kapan saja dan lebih cepat mahir mengoperasikan komputer.

Namun tidak perlu dipaksakan jika memang belum ada dana untuk membeli komputer baru. Karena anda bisa belajar mengoperasikan komputer di Warnet yang bisa di sewa perjam atau perpaket. Biasanya paket malam lebih murah karena jarang pengguna sekaligus menarik minat konsumen datang ke warnet malam hari agar operator warnet tidak kesepian :).

Untungnya jika anda menggunakan komputer warnet adalah ketika mengalami error, maka anda tidak perlu khawatir karena tinggal minta bantuan operator maka komputer bisa normal kembali.

Lain hal jika pakai komputer sendiri, ketika error atau hang maka anda harus memanggil teknisi ahli dan mungkin harus keluar biaya untuk memperbaikinya.

Tapi tidak perlu terlalu khawatir karena pada dasarnya, komputer jarang mengalami error, apalagi kalau komouter baru. Selama anda menggunakannya secara normal dan tidak mengganggu file yang ada di system drive C: maka komputer anda akan baik-baik saja. Semoga.


5. Spesifikasi Komputer

Ketika memutuskan untuk membeli sebuah komputer, hal pertama yang perlu di tanyakan adalah spesifikasi komputer yang ingin di beli, apakah ingin beli yang built-up atau rakitan, berapa budget yang dimiliki.

Spesifikasi komputer akan mempengaruhi harga yang di butuhkan. Begitu juga dengan komputer bulit-up atau rakitan, juga mempengaruhi biaya yang akan di keluarkan.

Semakin tinggi spesifikasi komputer yang diinginkan maka semakin banyak biaya yang harus di keluarkan. Begitu juga dengan komputer built-up atau rakitan. Untuk spek yang sama. komputer built up relatif lebih mahal daripada komputer rakitan namun untuk masalah garansi dan kualitas komponen mungkin lebih baik komputer built-up meskipun tidak selamanya seperti itu.

Beberapa hal dasar yang perlu anda ketahui jika anda baru saja membeli komputer adalah spesifikasi komputer yang anda miliki.

Spesifikasi sebuah komputer bisa dilihat dan di ketahui dengan membuka casing CPU atau dengan melihat informasi yang tertulis pada pop-up windows ketika anda melihat pada Properties di ikon Computer pada layar windows.

Karena spesifikasi komputer berpengaruh dengan harga maka sesuaikan keperluan dengan spesifikasi komputer. Tidak perlu beli komputer spek Game kalau hanya akan menggunakan komputer sebagai alat penolah data dan dokumen.

Atau jangan beli komputer spek rendah jika anda berencana menggunakannya untuk mengolah grafis atau merender video karena berencana jadi Youtuber tenar.


6. Kuncinya

Untuk cepat bisa mengoperasikan komputer, kuncinya adalah sering-sering berlatih dan menggunakan komputer maka tidak akan butuh waktu lama anda akan menguasainya. Selanjutnya anda tinggal mendalami software-software yang ingin di kuasai. Misalnya software pengolah dokumen seperti Ms. Office, atau software grafis seperti Corel dan Photoshop dan seterusnya.



Langkah-langkah mengoperasikan Komputer

1. Tombol pada CPU Komputer Desktop

Mengoperasikan komputer dimulai dari menyalakannya terlebih dahulu. Di CPU Komputer Desktop umumnya terdapat dua buah tombol di bagian depan. Satu tombol power untuk menyalakan komoputer dan satu tombol reset yang ukurannya lebih kecil untuk merestart komputer kalau tiba-tiba hang.

Untuk menyalakan komputer, tekan tombol power yang biasanya berukuran lebih besar dari pada tombol reset.

Sebagian komputer dilengkapi dengan stavolt yang juga harus di hidupkan terlebih dahulu sebelum menyalakan komputer. Stavolt ini berguna untuk menstabilkan tegangan dari PLN yang biasanya tidak stabil.

Di bagian depan CPU juga terdapat lampu indikator berupa LED untuk menginformasikan kepada pengguna bahwa komputer bekerja dengan normal atau tidak.

Lampu led ini akan berkedip selam komputer menyala dan mungkin pada suatu ketika akan menyala terus ketika komputer dalam keadaan hang dan perlu di reset melalui tombol kecil di CPU.

Kondid hang di tandai dengan pointer di monitor tidak bergerak meskipun mouse di geser, atau tiba-tiba komputer tidak bisa di operasikan sama sekali karena menjalankan program yang terlalu berat melebihi spesifikasinya.

Pada CPU umumnya terdapat CD Room atau DVD Room yang bisa digunakan untuk mengakses data yang tersimpan dalam keping DVD/CD. CD/DVD Room bisa digunakan untuk menginstal software, menonton film atau mendengarkan musik yang ada dalam keping CD/DVD room.


Tips cepat bisa mengoperasikan Komputer,cepa bisa,


2. Port yang ada di CPU

Beralih ke bagian belakang CPU, disana terdapat berbagai port atau colokan untuk menghubungkan perangkat penunjang kerja komputer.

Di bagian belakang CPU terdapat port untuk menghubungkan monitor, mouse, kevbord, printer, speaker, dan juga kabel power.

Dalam kondisi normal, anda mungkin akan jarang mengutak-atik begian belakang komputer ini, apalagi jika komputer telah di lengkapi port USB di bagian depan CPU.

Karena anda hanya akan sering mencolokan piranti yang perlu akses ke komputer lewat port USB seperti flashdisk, modem atau webcam.

Pada dasarnya, beragam port di CPU memiliki desain dan bentuk yang berbeda, sehingga ketika anda mencoba melepasnya untuk membersihkan CPU, anda tidak akan tertukar atau salah memasangnya.

Tips cepat bisa mengoperasikan Komputer,cepat bisa,


3. Tampilan Menu pada layar Windows

Sekarang beralih pada tampilan menu di system operasi WIndows. Setelah anda nyalakan, maka komputer akan menampilkan layar utama windows. Umumnya tampilan windows akan terdapat Taskbar di bagian bawah layar dengan logo Windows di ujung kiri bawah layar.

Logo windows ini biasa juga disebut dengan Start menu, berisi menu untuk mengakses perintah Shut Down, Restart dan berbagai software yang terinstal di komputer.

Jadi ketika anda ingin mematikan komputer, anda tidak perlu menekan tombol di CPU, anda tinggal mengakses Start menu dan mengklik pada tombol ikon shutdown disana.

Tips cepat bisa mengoperasikan Komputer,cepatbisa,


Kendala Teknis yang biasa di temukan saat menggunakan komputer.

1. Komputer tidak menyala. Cek sumber daya, apakah sudah terhubung dengan benar. Periksa juga Stavolt dan UPS apakah sudah dinyalakan.

2. Mouse / keyboard tidak berfungsi. Perhatikan colokan mouse dan keyboard, apakah sudah terhubing dengan benar. Sebagian komputer mungkin masih menggunakan port PS/2 untuk mouse dan keyboard. Karena bentuknya sama, tak jarang jika saat di pasang posisinya tertukar.

3. Monitor blank. Periksa sumber daya monitor. sebagian monitor komputer mengambil daya dari power suply di CPU, sebagian lagi langsung terhubung ke sumber listrik PLN. Periksa juga apakah tombol power di komputer sudah di tekan. Jika layar terlihat redup, anda bis amengaturnya lewat tombol fisik yang ada di bodi monitor.

4. Komputer Lemot. Sesuaikan spek komputer dengan minimum requirement dari software yang akan dijalankanMungkin ketika anda menjalankan sebuah aplikasi/software, komputer terasa lemot dan bekerja berat dikarenakan spek komputer anda tidak mampu atau tidak memenuhi minimum requirement yang di syaratkan.


Itulah kiranya yang bisa disampaikan terkait tips untuk cepat bisa mengoperasikan komputer, semoga bermanfaat dan bisa dijadikan referensi buat anda yang ingin mencoba mempelajari pengoperasian komputer. Semoga bermanfaat.