Cara agar anak cepat bisa membaca

Salah satu kemampuan yang perlu dilatih pada anak adalah keterampilan membaca. Keterampilan membaca bisa di bangun dan di latih sedini mungkin dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik tanpa harus memaksakannya ke anak yang membuatnya malah merasa enggan untuk belajar membaca.

Hal-hal berikut ini dapat anda coba untuk metangsang minat baca pada anak khususnya ynag masih berumur balita.

1. Membacakan buku cerita

Membacakan cerita yang mengandung cerita suri tauladan yang dikemas dlam cerita menarik dapat membangkitkan rasa ingin tau anak dan ketertarikannya terhadap buku. Hal ini bisa menjadi langkah awal mengenalkannya dengan huruf dan angka.


2. Mencontohkan

Karena anak adalah peniru yang baik maka tidak ada salahnya jika sebagai orang tua kita mencontokan kebiasan membaca kepada mereka. Perlihatkan kalau kita sangat berminat dengan buku dan memiliki kebiasaan membaca buku. Ketertarikan anak akan buku, bisa lebih mengenalkan mereka kepada susunan kata dan kalimat yang ada dalam buku.


3. Lengkapi koleksi buku

Lengkapi koleksi buku dengan jenis buku yang sesuai dengan usia anak anda. Banyak pilihan buku menarik yang bisa di beli untuk melengkapi koleksi buku dirumah. Buku bergambar yang dilengkapi huruf dan angka serta berwarna-warni akan menarik minat anak untuk mulai di tuntun balajar mambaca.


4. Tata buku di rak khusus

Menata buku di tempat khusus yang mudah dijangkau oleh anak anda akan membantu mereka belajar membaca ketika mereka mau. Kadang mood anak balita sulit ditebak, saat sedang bermain tiba-tiba pingin menulis atau menggambar lalu berubah ingin melihat gambar di buku miliknya. Saat seperti ini, sebagai orang tusa kita harus sigap dan segera memandu anak untuk belajar membaca ketika dia mulai tertarik dengan buku disela-sela waktu bermainnya.


5. Perkenalkan huruf 

Memperkenalkan huruf kepada anak satu persatu melalui lagu atau dengan panduan buku. Dalam buku khusus untuk anak-anak biasanya terdapat huruf yang diwakili gambr sehingga anak mudah mengingat dan menghafalkan bentuk huruf tersbut. Misalnya buah Apel untuk huruf "A" dan seterusnya.


6. Buatlah suasana menyenangkan

Suasana belajar membaca harus dibuat senyaman mungkin untuk menjaga mood si kecil agar tidak drop selama kita mengajarinya membaca. Penggunaan dan pemilihan buku yang tepat, bisa membantu anak anda belajar membaca dalam waktu singkat. Anak pria biasanya cenderung suka dengan gambar mobil atau motor sedangkan anak perempuan lebih cenderung ke gambar peri/bidadari.

Cara agar anak cepat bisa membaca

7. Kenalkan suku kata sederhana

Setelah anak anda dapat mengenal huruf, selanjutnya kenalkan ke mereka kosa kata sederhana seperti RO-TI atau BU-KU dan lain-lain yang mudah mereka pahami serta hafalkan.


8. Berdiskusi dengan anak

Kita bisa menciptakan suasana belajar yang interaktif dengan melemparkan pertanyaan kepada sikecil ketika dia sedang membuka buku kesenangannya. Tanyakan tentang gambar yang dilihatnya lalu eja-kan satu per satu bacaan dari gambar yang di lihatnya. Misalnya ketika melihat gambar pesawat, kita bisa menuntunnya mempelajari huruf pembentuk kata pesawat, misalnya jadi PE-SA-WA-T.


Mengajari anak sesuatu hal yang baru harus dilakukan dengan sabar dan penuh kasih sayang. Tidak perlu memaksakan jiak anak sedang tidak minat belajar karena malah akan menimbulkan rasa trauma dan membuatnya enggan untuk belajar membaca.