Cara praktis cepat bisa naik motor matic

Motor matic adalah termasuk motor yang paling mudah di kendarai karena tidak banyak yang harus dilakukan pengendara untuk bisa menjalankannya.

Pengendara motor matic hanya cukup mengontrol tuas gas dan rem untuk menjalankan motor matic. Tidak ada perseneling yang harus di geser, tidak ada juga tuas kopling yang harus ditarik sehingga mengendarai motor matic relatif lebih santai dan mudah.

Setidaknya, jika dibandingkan dengan  mengendarai motor bebek atau belajar motor sport, motor matic lebih mudah di kpelajari dan di kendarai.

Meskipun terlihta mudah, ternyata masih ada saja yang merasa mengalami kesulitan dan masih ragu-ragu untuk belajar mengendarai motor matic.

Umumnya yang merasa kesulitan mengendarai motor matic adalah mereka yang selama ini belum bisa mengendarai sepeda onthel.

Jika dasarnya sudah bisa mengendarai sepeda onthel maka akan lebih mudah dan cepat bisa naik motor matic

Tapi meskipun tidak / belum bisa mengendarai sepeda onthel, anda tidak perlu berkecil hati, karena anda tetap bisa mengendarai sepeda motor matic tanpa harus bisa naik sepeda terlebih dahulu.

Banyak juga yang bisa naik motor tanpa pernah bisa mengendarai sepeda, atau ada juga yang lebih dulu bisa naik sepeda motor baru kemudain bisa naik sepeda onthel.

Cara praktis cepat bisa naik motor matic

Sebelum mmmbelajar menghendarai motor matic, sebaiknya anda mengenali bagian-bagian utama motor matic dan tuas pengendali yang digunakan untuk mengoperasikan motor matic.

1. Bagian Utama Motor Matic yang perlu di ketahui

#Tuas Pengendali

Di bagian setir motor scooter matic, sebelah kanan terdapat tuas gas yang bisa di putar seperti motor lain pada umumnya.

Kemudian terdapat tuas rem di kanan dan kiri. Tuas rem sebelah kanan untuk mengendalikan rem depan sedangkan tuas rem sebelah kiri untuk mengendalikan rem belakang.

Tuas rem ini bekerja independen, namun pada sebagian motor matic buatan Honda telah menggunakan teknologi Combi Brake, dimana ketika tuas rem belakang di tarik maka akan sekaligus mengaktifkan rem depan dengan persentase tertentu.

#Starter 

Sistem starter mesin motor matic agak berbeda dibandingkan dengan motor bebek dan motor manual. Katika ingin men-starter mesin motor matic menggunakan starter electric maka anda harus menarik salah satu tuas rem agar starter dapat bekerja.

#Standart Samping

Pada type motor tertentu, standart samping dapat membuat motor tidak bisa dinyalakan jika belum diangkat. Ini salah satu upaya pengamanan untuk mencegah pengendara lupa menaikan standart samping saat berjalan.

#Rem Parkir

Motor Scooter Matic umumnya dilengkapi rem parkir untukmenghindari motor meluncur saat berhenti di tempat yang miring. Ketika anda ingin menggunakan motor matic dan terasa berat saat didorong, kemungkinan rem parkirnya aktif, Anda tinggal menarik tuas rem sebelah kiri untuk menonaktifkan rem parkir tersebut.

#Keyless

Motor sekarang sudah canggih, tidak semua motor perlu kunci yang di masukan ke tempatnya saat akan menghidupkan motor. Sebagian motor bisa hidup tanpa kunci. Anda hanya perlu mengantongi kunci motor berteknologi keyless dan memutar knob yang ada di sekitar stang motor untuk menghidupkannya.


2. Cara praktis cepat bisa naik motor matic

#Melatih keseimbangan

Ini khusus bagi anda yang sebelumnya belum bisa naik sepeda onthel, kalau sudah bisa naik sepeda, di skip saja.

Jika anda belum bisa naik sepeda yapi ingin belajar mengendarai motor matic, maka anda harus belajar keseimbangan terlebih dahulu.

Latih keseimbangan anda di atas motor dengan mengendarai motor di jalan menurun tanpa menghidupkan mesin. Cara ini lebih praktis untuk cepat bisa mengendarai sepeda motor matic.

Jika didaerah tempat tinggal anda tidak ada jalanan menurun yang bis amembuat motor meluncur, maka anda perlu minta bantuan seseorang untuk mendorong motor semeptara anda melatih keseimbangan di atas motor. Agak menguras tenaga tapi inilah cara paling praktis dari pada anda harus belajar sepeda terlebih dahulu.

Melatih keseimbangan di atas motor memang butuh waktu tapi kabar baiknya, and tidak perlu banyak bergerak diatas motor seperti ketika menaiki sepeda onthel yang harus bergerak mengayuh setiap saat dan bisa mengganggu keseimbangan.

#Menyalakan Mesin

Setelah berhasil melatih keseimbangan, selanjutnya mulai berjalan.

Motor matic memang tergolong mudah di kendarai tapi perlu hati-hati dan konsentrasi saat mempelajarinya.

Ketika akan mulai menghidupkan meisn motor matic, tarik salah satu tuas rem kemudian pencet tombol starter. Pastikan kunci kontak sudah di posisi ON dan standart samping sudah dinaikkan.

Umumnya motor matic bisa hidup tanpa harus menarik gas-nya, kalau pun harus memutar tuas gas, hanya sedikit saja.

Pastikan anda tetap menarik tuas rem tangan ketika menyalakan mesin motor matic dan jangan menarik tuas gas kecuali jika anda sudah benar-benar siap untuk mulai jalan.

#Mulai Berjalan

Setelah mesin motor berputar langsam dan stabil, bersiaplah untuk mulai jalan. Sebelumnya perlu kami ingatkan bahwa sebagian motor matic mungkin akan menderu agak keras ketika pertama kali mesinnya dihidupkan khususnya di waktu dingin saat pagi hari. Ini normal dan anda tidak perlu khawatir, anda hanya perlu menunggu hingga putaran mesinnya turun ke posisi langsam, mungkin sekitar 1-2 menit.

Untuk mulai berjalan, lepas tuas rem perlahan dari cengkeraman tangan anda, lalu putar perlahan tuas gas hingga motor mulai berjalan. Jika saat motor mulai berjalan dan anda merasa ragu, tutup kembali tuas gas.

Jika anda tidak yakin dapat melakukan nya sendiri, Anda mungkin perlu minta bantuan seseorang untuk memandu anda start jalan dari posisinya di boncenger. Setelah moor mulai jalan barulah anda ambil alih setir kemudi.

Anda bisa mulai belajar mengendalikan motor matic keliling kompleks atau keliling lapangan tempat anda latihan.

Yang paling sulit ketika belajar mengendarai motor matic adalah mengendalikan tuas gas dan menyeimbangkan motor bagi meeka yang sebelumnya belum bisa naik sepeda onthel. Tapi dengan latihan rutin, anda pasti cepat bisa mengendarai motor matic sendiri.

#Berhenti dan Parkir

Setelah anda mulai mahir mengendarai motor matic mungkin anda perlu mempelajari cara berhenti dan parkir motor matic yang baik. Mungkin memang tidak sulit untuk berhenti saat mengendarai motor matic. Anda tinggal menutup gas dan mengurangi kecepatan dengan kontrol rem depan dan belakang.

Yang perlu di perhatikan saat pengereman adalah, hindari menggunakan rem depan saat kondisi jalan licin dan berpasir karena bisa membuat ban depan selip dan sulit di kendalikan.

Setelah motor berhenti sempurna, matikan mesin turunkan standart dan jangan lupa mengunci stang dan menutup lubang kunci.

Memang sepele, tapi kadangkala orang lupa mencabut kunci saat berhenti dan parkir karena sebagian motor matic akan mati mesinnya saat standart samping di turunkan. Dan reflek orang akan mengira bahwa kunci kontak sudah di cabut padahal masih menempel dan langsung meninggalkan motor begitu saja dengan kunci kontak masih menempel di motor.


3. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat ingin cepat bisa mengendarai motor matic

#Tempat Latihan

Sebaiknya mencari tempat lapang dan bebas gangguan dan juga tidak mengganggu orang lain. Berlatih motor matic tidak perlu tempat yang luas seperti saat belajar mengemudi mobil. Lapangan sekitar kampus atau jalan kompleks sekitar rumah yang sepi bisa jadi tempat latihan yang ideal.

Hindari tempay latihan yang memiliki banyak rintangan seperti polisis tidur atau speed trap karena dapat mengganggu konsentrasi anda latihan.

#Jangan Lupa Pengaman Tubuh

Sangat penting untuk selalu menggunakan helm, jaket, calana panjang dan sepatu untuk meminimalisir cidera ketika mungkin terjatuh saat latihan.

#Kunci saat parkir

Jangan lupa mencabut kunci saat parkir, biasanya orang sering kelupaan mencabut kunci motor saat parkir karean ketika standart di turunkan mesin langsung otomatis berhenti beroperasi.

#Minta bantuan dari yang sudah ahli

Anda harus meminta bantuan dari yang sudah ahli untuk membantu anda belajar motor matic. Pengawasan dari yang sudah ahli sangat penting agar anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

#Motor yang tepat

Motor matic banyak pilihan jenis dan ukuran. Gunakan motor matic yang sesuai dengan postur tubuh agar anda tidak kesulitan mengendalikan motor saat belajar karena bentuk motor terlalu besar dan berat.

Perlu diketahui bahwa motor matic tidak hanya berbentuk scooter, ada juga yang berjenis motor bebek dan sport yang mungkin sedikit beda perlakuannya. Sedangkan yang kita bahas kali ini adalah motor scooter matic seperti Mio, Beat, Spin dan semacamnya.


Itulaj informsi yang dapat disampaikan tentang cara praktis untuk cepat bisa naik motor matic. Yang berarti bukan hanya naik motor sebagai boncenger, akan tetapi naik motor sebagai pengendara / pengemudi.

Motor matic termasuk salah satu varian motor yang paling banyak diminati. Motor ini memang sangat cocok sebagai kendaraan trasnportasi dalam kota maupun luar kota dengan medan yang tidak terlalu berat.