Cara cepat bisa belajar mengendarai motor kopling manual

Motor berkopling manual memiliki akselerasi yang spontan dan performa yang lebih tinggi namun relatif lebih sulit untuk di kendarai di banding motor berkopling otomatis ataupun semi-otomatis.

Motor bersistem kopling manual umumnya banyak di terapkan pada motor sport. Ada juga beberapa motor bebek ber-aura sport yang menggunakan sistem kopling manual.

Mengendarai motor kopling manual tidak sesederhana motor matic atau bebek yang pakai kopling sentrifugal semi-otomatis.

Di motor kopling manual, semuanya harus di kendalikan oleh rider, mulai perpindahan gigi, bukaan gas, membuka kopling dan mengerem.

Jadi, dibutuhkan konsentrasi dan harmonisasi antara tangan kanan dan kiri serta kedua kaki. Satu saja yang "miss" maka motor tidak berjalan mulus sebagaimana mestinya.

Misalnya sat tangan kiri sudah menarik kopling,, tangan kanan sudh tutup gas tapi kaki kiri tidak sigap memindahkan gigi karena kecapekan maka motor akan kehilangan momentumnya.

Cara cepat bisa belajar mengendarai motor kopling manual


Meskipun terlihat sulit, mengendarai motor kopling ternyata memberi ke-asyikan tersendiri dan bisa dengan mudah di pelajari jika anda memiliki kemauan dan niat.

Langkah-langkah untuk cepat bisa belajar mengendarai motor kopling manual

1. Mengenali Bagian-bagian motor kopling manual

Sebelum belajar menghendarai motor kopling manual, mari kita kenali bagian-bagian motor kopling secara garis besarnya.

#Bagian-bagian motor kopling manual

Pada bagian stir terdapay tuas kopling di sebelah kiri dan tuas rem depan di sebelah kanan yang juga terdapat tuas gas yang bisa diputar sepertipada motor umumnya.

Terdapat juga saklar lampu dan saklar starter elektrik di sekitaran stang motor kanan dan kiri.

Di dashboard motor biasanya terdaapt lampu indikator posisi gear yang bisa anda pantau untuk mengetahui posisi gear berapa yang anda gunakan saat ini.

Kemudian pada footstep kanan terdapat tuas rem belakang dan tuas perseneling di footstep sebelah kiri.


#Pola perpindahan gigi motor kopling manual

Pola perpindahan gigi motor kopling manual khusus untuk motor type sport umumnya sama meskipun beda pabrikan dan type motor. Sedangkan untuk motor kopling manual type motor bebek, ada yang menerapkan sama dengan type sport tapi ada pula yang menggunkan pola gear khas motor bebek.

Pola khas perpindahan motor bebek adalah, untuk menaikan gigi injak kedepan dan untuk menurunkan gigi injak kebelakang.

Sedangkan pada motor kopling type sport, perpindahan giginya untuk gigi 1, injak tuas kedepan sedangkan gigi 2, 3, 4, 5 injak kebelakang. Urutannya kurang lebih seperti ini ; 1-N-2-3-4-5.

Sebagian motor kopling manual mungkin mengadopsi tuas perseneling type racing yang hanya ada bagian depannya saja, jadi anda harus mencukitnya untuk menaikan gigi.

Untuk lebih mudah memahami perpindahan gigimotor manual dan perbedaanmya dengan motor bebek, anda bisa lihat ilustrasi gambar di bawah ini.


Cara cepat bisa mengendarai motor kopling manual, urutan perseneling motor, urutan gigi motor,


2. Langkah-langkah belajar motor kopling manual

# Belajar mengoper gigi

Untuk langkah awal agar anda cepat bisa belajar motor kopling manual adalah mulai dari belajar mengoper gigi terlebih dahulu.

Bagaimana caranya ??

Caranya adalah dengan meminta bantuan rekan anda yang sudah mahir mengendarai motor kopling untuk menjadi boncengers di belakang anda.

Tugas rekan anda, selain untuk membantu anda mengendalikan motor, juga untuk membantu anda melakukan take-off.

Artinya, ketika motor masih dalam posisi berhenti hingga mulai berjalan, motor dikendalikan oleh teman anda dari posisi boncengeers. Nanti setelah motor jalan dan stabil barulah perlahan-lahan anda mengambil alih kemudi sambil di pandu teman anda tadi.

Jika berhasil dan anda sudah bisa mengendalikan motor dengan stabil, tugas anda sekarang adalah melatih sinkronisasi serta kordinasi anggota tubuh untuk melakukan perpindahan gigi dari rendah ke tinggi atau tinggi ke rendah.

Usahakan perpindahan gigi hanya antara gigi 2-5, jangan sampai turun ke gigi 1 atau naik ke gigi 6 (kalau ada). Karena pada posisi gear 1, torsi mesin terlalu besar dan jika anda tidak mampu mengendalikan motor dengan benar maka bisa bahaya.

Begitu juga untuk gear tertinggi (misalnya gear 6), diposisi ini torsi mesin rendah, jika anda tidak mampu menjaga rpm sesuai posisi gear maka kemungkinan mesin akan mati. Lagipula 'gear 6' terlalu tinggi untuk rider pemula yang masih belajar motor kopling manual.

Proses perpindahan gigi pada motor manual kurang lebih seperti ini ;

Saat motor melaju, Turunkan gas – tarik tuas kopling – injak bagian belakang tuas perseneling untuk berpindah ke gigi lebih besar kemudian lepas kopling perlahan seirama dengan bukaan gas.

Seiring semakin seringnya anda latihan maka proses perpindahan gigi ini akan berlangsung cepat dan presisi.

Selanjutnya untuk menurunkan gigi, anda harus menurunkan kecepatan motor terlebih dahulu agar motor tidak tiba-tiba engine braking yang bisa membuat anda kagok dan bahkan terjatuh.

Latihlah proses perpindahan gigi dari rendah ke tinggi dan sebaliknya hingga anda merasa mahir dan menguasai serta mengenal karakter mesin motor kopling manual.


#Belajar Berhenti

Setelah meguasai perpindahan gigi, selanjutnya latihan untuk berhenti. Menhentikan motor kopling manual, mudah. Anda hanya tinggal menarik kopling dan menutup gas kemudian menginjak rem hingga berhenti di posisi gear berapapun. Nanti setelah berhenti barulah anda menetralkan posisi gear.


#Belajar Take-off

Take-off buakn berarti terbang kayak pesawat, maksudnya mengendarai motor dari posisi diam berhenti hingga berjalan.

Memulai menjalankan motor kopling manual adalah salah satu hal yang cukup sulit bagi pengendara motor kopling pemula.

Kembali lagi, konsentrasi dan sinkronisasi antara gerakan tanagn kiri yang melepas koling serta tangan kanan yang menarik tuas gas, sangat di perlukan untuk kebeghasilan take-off.

Proses ini membutuhkan feeling yang benar terhadap karakter mesin motor, sehingga dapat merasakan ketika mesin akan mati ata rpm terlalu tinggi.

Untuk take-off, mula-mula tarik kopling dan injak tuas perseneling kedepan untukmasukk ke gigi 1. tahan tuas kopling tetap di tarik, kemudian buka gas seperempat putaran hingga terasa rpm naik kira-kira ke 2000-2500 rpm. Jika di speedo meter dilengkapi tachometer, akan sangat membantu.

Kemudian tahan posisi gas dan rpm motor, lalu lepas kopling perlahan-lahan hingga terasa motor mulai bergerak maju. Ketika terasa mesin mulaibrgetar tanda mau mati, tambah putaran gas sedikit sambilmelepas perlahan tuas kopling hingga terlepas penuh.

Sesuaikan putaran mesin dengan laju motor dan jika laju motor sudah memadai segera pindah ke gigi 2 agar torsi mesin tidak terlalu besar.

Proses ini perlu latihan rutin hingga anda berhasil take-off dengan lancar tanpa membuat motor mati atau bergetar.


#Belajar menetralkan Gigi (Gear)

Menetralkan gigi motor kopling manual bisa dibilang gampang-gampang susah. Untuk menetralkan gigi motor kopling manual sebaiknya dilakukan pada posisi motor berhenti dan mesin mati. Ini supaya motor tidak tiba-tiba loncat saat anda mengira gear sudahnetral dan ternyata masih di gigi 1 saat anda melepas kopling tiba-tiba motor loncat.

Untuk menetralkan gear motor manual, injak tuas perseneling kedepan hingga tuas terasa ringan saat diinjak atau sebanyak 6 kali jika gear motor hanya 5, kemudian tekan tuas perseneling belakang sebanyak setengah tekanan agar gear bisa netral.

Cara cepat bisa mengendarai motor kopling manual,netral motor kopling,

Karena posisi mesin mati, jadi kadang posisi gear tidak masuk saat tuas ditekan, istilahnya 'miss'. Jadi anda perlu mendorong motor sedikit maju atau mundur, sedikit saja asal roda bergerak walaupun hanya sejarak dua centimeter.

Baca juga :

3. Tips Belajar Motor Kopling Manual

#Gunakan kelengkapan berkendara

Gunakan helm, celana panjang dan jaket untuk meminimalisir cedera jika terjatuh. Lebih afdol lagi kalai pakai safety gear seperti pelindung lutut dan siku.

#Mintalah pengawasan

Minta pengawasan dari yang sudah ahli mengendarai motor kopling. Khususnya bagi boncenger yang menjadi pemandu, sebaiknya orangnya tidak terlalu berat namun cukup tinggi untuk dapat memijak tanah dari posisi baku boncenger oleh karenanya perlu memilih motor yang sesuai

#Gunakan Motor yang sesuai

Gunakan motor yang sesuai dengan tinggi dan berat badan. Jangan berlatih mebggunakan motor besar seperti Ninja 250 atau CBR 250 atau Hayabusa. Pakaimotor biasa-niasa saja yang tingginya pas di badan dan beratnya masih bisa di kendalikan.

Mungkin yang ideal seperti CBR 150 yang non fairing atau motor Honda GL-Pro karena posisi boncenger tidak terlalu tinggi, jadi teman anda yang berada di belakng bisa membantu memijak ke tanah jika sesatu hal darurat yang butuh kesigapan untuk mengambil alih kemudi dan berhenti setiap saat.

#Cari tempat aman

Berlatih di tempat yang aman danbebas dari lalu lalang orang. Banyak anjuran yang mengatakan kalau latihan naik motor seperti motor kopling sebaiknya di lapangan terbuka yang luas.

Anjuran ini sangat baik, tapi akan lebih baik lagi jika anda bisa menemukan lapangan yang permukaan nya mulus meskipun dari tanah. Karena kalau lapngannya gronjal-gronjal maka anda akan kesulitan belajar naik motor kopling. Bisa-bisa nada malah jatuh terjengkag kena gronjalan atau lubang yang ada dilapangan.

#Rajin Berlatih

Tidak ada yang instan di dunia ini, mie instan saja harus di proses terlebih dahulu agar bisa di konsumsi.

Rajinlah berlatih, Jika anda rajin berlatih, mungkin tidak sampai seminggu anda sudah bisa mengendarai motor kopling manual meskipun hanya di sekitaran kompleks perumahan saja.

#Berdoa

Ini penting meskipun diletakkan pada bagian akhir, sebelum berlatih, berdoa terlebih dahulu untuk meminta bimbingan dan perlindungan dari yang maha kuasa agar proses latihan berjalan lancar tanpa hambatan.


Itulah tips yang bisa di sampaikan tentang informasi Cara Cepat Bisa Belajar mengendarai motor kopling manual, semoga bermanfaat.