Cara cepat bisa bermain Gitar

Bermain gitar adalah salah satu aktifitas yang dapat melatih otak kanan dan kiri bekerja secara bersamaan. Pasalnya, saat bermain gitar, tangan kanan dan kiri harus bergerak seirama dan beriringan agar menghasilkan bunyi yang indah dan enak didengar.

Tapi, gitar adalah salah satu alat musik yang sulit untuk di pelajari. Kalau asal genjrang-genjreng sih semua juga bisa. Tapi untuk bisa memainkannya sesuai kunci untuk mengiringi sebuah lagu, pastilah sulit.

Meskipun termasuk alat musik yang sulit dipelajari, tapi anda tidak perlu risau karena sesulit apapun, pasti tetap bisa di pelajari yang penting ada niat dan kemauan.

Bagi anda yang sedang berusaha untuk cepat bisa belajar bermain gitar, setidaknya anda harus memiliki sebuah gitar. Ini penting, karena mood untuk belajar kadang datang sewaktu-waktu. Kalau punya gitar sendiri anda bisa belajar kapan saja anda mau, tanpa harus menunggu pinjaman gitar dari teman. Tapi kalau belum bisa mengadakan gitar, pinjam pun tak mengapa. Asal jangan lupa untuk mengembalikannya.

Kemudian pelajarilah kunci-kunci dasar yang mudah bagi jari-jemari anda. Karena kalau belum terbiasa bermain gitar maka jari tangan terasa kaku dan keram.

Kunci dasar seperti kunci C, G, F, Am, Em, dan Dm mungkin tidak sulit. Tapi tergantung bagaimana menurut anda yang nyaman. Mungkin anda merasa lebih mudah mengguankan kunci balok (#), karena hanya perlu menggeser posisi tangan pada fred gitar.

Sering-sering berlatih berpindah dari satu kunci ke kunci lainnya hingga anda terbiasa dan jari-jari anda tidak merasa kaku lagi. Karena yang terpenting ketika ingin cepat bisa bermain gitar adalah rajin berlatih setiap hari.

Cara cepat bisa bermain Gitar

Setelah anda mulai terbiasa dan menghafal semua kunci dasar gitar, selanjutnya anda bisa mulai mencoba memainkan sebuah lagu yang mudah dan tidak terlalu rumit kombinasinya seperti lagu-lagu Padi atau Dewa 19 atau lagu-lagu dengan jumlah kunci 3-4 saja yang tidak terlalu menguras tenaga karena bergelimpangan not yang sulit untuk di raih.

Ketika nanti sudah mulai hafal memainkan lagu dengan ritme rendah, mulai tingkatkan ke ritme medium dan kombinasi kunci yang lebih banyak dan beragam.

Salah satu keterampilan yang wajib dikuasai ketika ingin bermain gitar adalah menyetem gitar. Menyetem gitar memang agak sulit dikuasai, jika anda baru belajar gitar, anda sebaiknya meminta bantuan teman yang sudah ahli agar saat anda belajar gitar tidak terganggu suara fals karena stelan gitar tidak pas.

Jika sudah menguasai beragam kunci dan bisa memainkan beberapa lagu dengan benar, barulah anda bisa mulai mencoba menyetem gitar sendiri tapi pastikan anda memiliki pendamping karena kalau salah, kegiatan belajar anda malah jadi runyam.

Kalau ada teman yang ahli kan bisa minta bantuan nanti kalau-kalau ternyata gagal menyetem gitar sendiri.

Agar cepatbisa menyetem gitar dengan mudah, sekarang banyak alat yang bisa digunakan untuk membantu menyetel suara gitar dengan bantuan tuner atau bisa juga dengan bantuan aplikasi yang diinstal kedalam ponsel android.