Cara Cepat Bisa belajar menjahit

Keterampilan menjahit adalah salah satu keterampilan yang bisa sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya berguna dalam memproduksi sebuah pakaian, dengan bisa menjahit, kita juga bisa mereparasi atau memperbaiki pakaian atau perabot rumah yang berbahan kain seperti serbet, taplak meja, horden, dan lain sebagainya.

Banyak pelatihan menjahit yang diadakan oleh berbagai kalangan, baik dari pemerintah ataupun swasta dalam upaya mengembangkan kemampuan masyarakat dalam bidang menjahit.

Untuk cepat bisa belajar menjahit, dapat dimulai dengan pengadaan alat dan bahan sebagai kebutuhan praktek agar lebih mudah dalam menerapkan ilmu tentang teknik menjahit yang didapat dari berbagai sumber. 

Mesin jahit adalah salah satu hal penting yang harus disiapkan agar memperlancar proses pembelajaran.

Kisaran harga mesin jahit sangat beragam, mulai yang harga ratusan ribu hingga jutaan Rupiah.

Sebagai permulaan, sebaiknya anda mencari mesin jahit sesuai kemampuan. Kalau memungkinkan, pilih mesin jahit baru dan berkualitas agar proses belajar menjahit anda tidak terganggu karena mesin ngadat atau bermasalah.

mesin jahit

Tapi kalau budget terbatas, tidak ada salahnya membeli mesin jahit bekas atau yang berharga murah. Setidaknya ketika menghadapi masalah pada mesin jahit, kita bisa sekalian mempelajari trouble-shooting kerusakan mesin jahit. Atau jika ada tetangga/keluarga yang memiliki mesin jahit yang jarang dipakai, bisa dipinjam sementara.

Akan lebih baik jika anda menggunakan mesin jahit manual yang digerakkan oleh kaki, agar kecepatan putar mesin bisa mudah dikendalikan daripada mesin jahit yang menggunakan motor listrik sebagai penggeraknya.

Setelah mesin jahit siap, selanjutnya anda bisa menyediakan bahan yang di butuhkan seperti benang dan kain. Harga benang, tidak terlalu mahal sedangkan untuk kain, anda bisa menggunakan kain perca untuk belajar beradaptasi dengan mesin jahit.

Untuk melengkapi dan mendukung upaya anda belajar menjahit, anda juga perlu menyediakan peralatan penunjang lain seperti gunting, meteran, pendedel, kertas pola, dan peralatan menjahit lainnya.

Coba desain pola sederhana untuk berlatih menjahit seperti perlengkapan dapur yang bentuknya simple seperti taplak meja, keset, lap piring, sarung tangan tahan panas, dan lain-lain

Melatih keterampilan menjahit bisa di lakukan setiap hari dengan motif sederhana dan tingkat kesulitannya di naikkan secara perlahan-lahan.

Sebuah mesin jahit umumnya, terdapat pengaturan jarak tusukan benang dan setelan jenis kain yang akan dijahit.

Kemudian untuk benang, ada yang dipasang di bagian atas dan ada yang dipasang di bagian bawah (sekoci).

Anda harus memasang benang sesuai jalurnya, dan pilih warna benang sesuai warna kain yang akan dijahit.

Masukan juga benang yang sesuai pada rumah sekoci melalui lubang yang tersedia pada bagian bawah depan mesin jahit.

Sebelum memulai menjahit, posisikan kain pada tempatnya lalu tekan tuas yang ada di belakang mesin jahit untuk menekan kain bahan jahitan.

Selanjutnya tekan tuas yang ada dikaki untuk memulai menjahit, agar putaran mesin tidak terbalik, bantu dengan memutar puly pada ujung mesin jahit dengan menggunakan tangan.

mesin jahit

Ayun perlahan injakan di kaki untuk mendapatkan putaran yang sesuai dan jaga ritme putaran agar roda puly tidak berputar terlalu cepat atau bahkan menjadi berhenti. Arahkan kain menggunakan tangan sesuai jalur jahit yang diinginkan.

Untuk awalan belajar menjahit, gunakan bahan kain kemeja seperti katun yang agak kasar. Hindari menggunakan kain kaos karena akan menyulitkan dan dapat merubah settingan mesin jahit.

Jika sudah mulai lancar dan terbiasa menggunakan mesin jahit, selanjutnya mulai menjahit bentuk yang lebih kompleks seperti baju.

Anda bisa mencoba desain baju sederhana untuk anak laki-laki karena relatif mudah dan tidak terlalu banyak variasi serta kerutan.

Cari pola baju di Google yang sekiranya bisa anda praktekkan dan sekiranya bisa anda sediakan bahannya.

Baca juga : Cara cepat bisa masukan Benang ke jarum

Biasanya, pada bagian pinggiran sambungan kain, perlu dirapikan dengan mesin obras. Untuk ini, anda bisa minta bantuan tukang obras dengan biaya jasa yang terjangkau.